Rekomendasi Makanan untuk Anak Kucing

Rekomendasi Makanan untuk Anak Kucing

Others

Anak kucing dengan kucing dewasa tentunya membutuhkan makanan yang berbeda karena sistem pencernaan keduanya yang berbeda. Di beberapa minggu pertamanya, anak kucing hanya membutuhkan makanan dari susu induknya. Namun, setelah itu, ia juga harus diperkenalkan dengan makanan untuk anak kucing lain. Nah, apa saja rekomendasi makanan anak kucing yang tepat? Simak di bawah ini.

  1. Anak Kucing di Minggu Pertama

Di minggu pertama, anak kucing masih dalam keadaan buta dan tuli. Dalam hal ini, peranan induk kucing sangat penting dalam memberikan makanan. Jika kucing pada usia ini sudah kehilangan induknya, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memberinya air susu kolostrum.

Susu ini berasal dari susu kucing saat ia baru saja melahirkan selama 2 hari. Susu ini juga sangat bernutrisi di mana sangat penting untuk pembentukan antibodi si kucing. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa memberikan susu rendah laktosa kepada kucing Anda sebanyak 2 sampai 4 ml sehari sebanyak 7 kali.

  1. Anak Kucing di Minggu Kedua

Di minggu kedua, penglihatan kucing mulai terbuka dan telinganya juga mulai bisa mendengarkan. Di sini, peranan Anda dalam membersihkan area mata kucing sangat penting. Ingat, lakukan cara ini dengan sangat lembut.

Jika anak kucing tidak memiliki induk atau tidak mau disusui induknya. Anda bisa memberikan susu kucing sebanyak 6 kali dalam sehari dengan jumlah 5-10 ml.

  1. Minggu Ketiga

Di usia ini, anak kucing sudah mulai tumbuh giginya. Anak kucing juga sudah mulai aktif dalam bermain. Nah, di sini Anda harus memberikan ia nutrisi tambahan. Hal ini karena kualitas susu ibu kucing mulai menurun dan jumlahnya juga sudah tidak banyak lagi.

Tugas Anda adalah dengan memberikan anak kucing tersebut nutrisi tambahkan dengan memberikan susu kucing. Nah, susu kucing tambahan ini bisa diberikan sebanyak 5 kali dengan jumlah 10-15 ml setiap kali pemberian.

  1. Minggu Keempat

Di minggu keempat, anak kucing sudah mulai mencoba makanan induknya. Untuk jenis makanan untuk anak kucing yang bisa coba Anda berikan adalah makanan basah. Untuk pemberian susu, Anda bisa memberikannya susu dalam mangkuk, tujuannya adalah agar anak kucing menjadi lebih berkembang.

Nah, dalam memilih makanan basah, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Pastikan jika makanan yang dipilih sesuai dengan usia kucing. Di pet shop, Anda akan menemukan banyak varian makanan kucing untuk kitten dengan berbagai rasa.

Jika ini adalah yang pertama bagi Anda, Anda bisa bertanya kepada penjaga pet shop, kira-kira jenis makanan mana yang cocok. Perhatikan juga tekstur makanannya, mengingat di sini gigi kucing baru saja tumbuh.

Itulah beberapa jenis makanan untuk anak kucing yang bisa Anda berikan. Dengan memperhatikan asupan makanannya, maka anak kucing yang tidak memiliki induk pun bisa tetap hidup dan tumbuh dengan sehat.