Mudah! Inilah Cara Perawatan Mandi Bayi yang Baru Lahir

Mudah! Inilah Cara Perawatan Mandi Bayi yang Baru Lahir

Kesehatan

Setiap orang tua muda, merawat bayi adalah tantangan baru. Sementara bagi orang tua yang pernah memiliki bayi sudah bukan hal yang baru lagi. Khususnya, bagi ibu ibu muda, tidak bisa sembarangan merawat bayi, tetapi ada beberapa cara merawat bayi agar tumbuh sehat.

Sebagai orang tua muda yang baru saja dikaruniai anak, pasti akan sangat berhati-hati dalam merawat anak pertama mereka. Apalagi jika Anda memiliki bayi yang memiliki riwayat prematur tentunya tidak bisa sembarangan memandikannya karena rentan kedinginan. Nah, bagi ibu muda inilah informasi selengkapnya tentang cara memandikan si kecil agar nantinya Anda tidak takut dan panik ketika harus melakukannnya sendiri.

Cara Memandikan Bayi

Sebagai permulaan, tidak perlu memandikan setiap hari bayi yang baru lahir. Kira-kira 3-4 kali seminggu cukup. Hal ini karena pengaturan suhu tubuh bayi belum bisa optimal. Dikhawatirkan bayi akan kedinginan sehingga lama-lama tidak tahan. Selain itu kulit bayi juga dikhawatirkan akan kering karena kondisi kulit yang masih sensitif.  Untuk membersihkan bayi cukup dengan washlap atau handuk kecil yang dibasahi air.

Ketika Anda hendak membersihkan popok bayi, usahakan berhati-hati karena sering timbul ruam pada bokong bayi. Gunakan kain halus yang basah oleh air hangat untuk mengelapnya, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

Hal yang tidak disarankan adalah cara merawat bayi dengan tisu basah. Kandungan alkohol dalam tisu justru menimbulkan iritasi kulit. Meskipun Anda merasa lebih praktis dengan tisu basah. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum memandikan bayi adalah washlap atau handuk kecil dan matras.

Pertama, Agar bayi tidak sakit punggung, baringkan bayi di atas matras dengan permukaan datar. Kepala bayi dan leher ditahan dengan salah satu tangan agar tidak cedera.

Selanjutnya, Memulai membersihkan dari kepala bayi. Bagian mata dan hidung diusap dengan kapas basah. Perut, bahu, dan kaki bayi usap secara lembut dengan handuk kecil yang basah oleh air hangat. Bersihkan pula telinga bayi agar tidak ada kotoran yang mengganggu pendengaran. Selanjutnya gosok secara lembut dengan sabun khusus bayi. Setelah bersih, keringkan dengan handuk kering yang lembut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memandikan Bayi

  • Saat membersihkan kelopak mata bayi, gunakan kapas yang sedikit serat. Bersihkan terlebih dahulu mata dekat hidung baru ke bagian tepi. Di mata yang satunya juga sama, dengan kapas baru
  • Bersihkan pula bagian lipatan tubuh seperti leher, siku, ketiak, dan belakang telinga.
  • Bagian organ intim bayi dibersihkan dari depan lalu belakang. Untuk melakukannya, angkat bayi lalu bagian bawah dibalut handuk kering. Sama halnya dalam membersihkan pantat bayi.
  • Pada pusar yang belum lepas usahakan popok yang dipakaikan agak ke bawah dari pusar agar tidak menempel. Saat membersihkan bagian pusar, gunakan kapas yang basah oleh air. Sekali dalam sehari sudah cukup. Apabila pusar Anda mengalami perubahan warna, sebaiknya bawa ke dokter.

Cara merawat bayi saat mandi diatas bisa saja berbeda dari bunda satu dengan bunda lain. Tetapi intinya perawatan bayi tidak terlepas dari hal hal yang sudah disampaikan di atas. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.